Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

47 1 735x400 - Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria – Sekitar 400 siswa menghilang setelah kelompok bersenjata menyerang sebuah sekolah di Nigeria dengan senapan serbu AK-47. Serangan terjadi di Sekolah Menengah Sains Pemerintah sekitar pukul 21.40 di Kankara, Katsina, polisi telah mengkonfirmasi. Serangan melibatkan sekelompok besar bandit yang melepaskan tembakan dengan senapan AK-47, kata juru bicara polisi Negara Bagian Katsina Gambo Isah.

Sekelompok orang-orang bersenjata menyerang sebuah sekolah menengah di Katsina, sebelah barat laut wilayah Nigeria. Lebih dari 800 siswa di The Government Sciene Secondary School kocar-kacir. Banyak diantara siswa yang melarikan diri atau sembunyi di hutan sekitar sekolah. Sekolah menengah milik pemerintah itu adalah sekolah khusus bagi laku-laki. Menurut Associated Press, seorang saksi mata bernama Mansur Bello, melihat para penyerang membawa beberapa siswa pergi. Belum di ketahui motif penyerangan dan penculikan, namun di sinyalir kelompok bersenjata itu menginginkan uang tebusan.

Selain kelompok teroris Boko Haram dan sempalan ISIS, di Nigeria juga terdapat beberapa kelompok bandit. Beberapa kelompok bandit itu aktif di bagian barat laut Nigeria. Kelompok bandit terkenal sering menculik orang untuk mencari uang APK IDN Poker IOS tebusan.

1. Penyerang naik sepeda motor dan menggunakan senjata AK47
1607986254789 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d 564bf4ea34ca57ca4732afe9de7b3541 - Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

Pihak berwenang Nigeria tengah melakukan penyelidikan dan penyisiran untuk mencari ratusan anak-anak yang hilang di culik oleh kelompok bandit. Orang tua siswa berkumpul di sekolah, untuk mengajukan permohonan kepada pihak berwenang agar menyelamatkan anak-anak mereka.

Murja Mohamed, salah satu orang tua siswa mengatakan “Jika bukan pemerintah yang akan membantu kami, kami tidak memiliki kekuatan untuk menyelamatkan anak-anak kami” katanya. Salah satu orang tua siswa, Abubakar Lawal, memiliki tiga putra di sekolah itu. Dua diantaranya termasuk yang hilang.

Kelompok bandit menyerang dengan naik sepeda motor dan menggunakan senjata AK47. Juru bicara kepolisian Nigeria negara bagian Katsina, Gambo Isah, memberikan keterangan tersebut berdasarkan hasil kerja intelijen. Polisi bersama dengan militer yang di dukung Angkatan Darat dan Udara sedang melakukan pengejaran dan proses penyelamatan.

2. Tidak ada angka aktual berapa siswa yang di culik
1607986631524 2d588b538864a3b2a1a0b557d321694d e2e657311fda9f1eaf56c69ff853aff9 - Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

Pasukan gabungan Nigeria yang terdiri dari polisi, militer yang di dukung angkatan darat dan udara telah melakukan pengepungan di daerah yang di yakini sebagai tempat menyandera anak-anak sekolah yang di culik. Angka pasti siswa yang di culik tidak di ketahui, namun jumlahnya ratusan. Banyak diantara siswa bisa melarikan diri ketika di bawa gerombolan bandit.

Menurut pejabat setempat, lebih dari 300 anak hilang. Namun, seorang siswa yang berhasil melarikan diri bernama Osama Aminu Maale memberikan penjelasan “setelah mereka membawa kami pergi, kami berhenti di dalam bus tempat mereka menyuruh siswa yang lebih tua untuk menghitung. Kami menghitung 520” katanya.

Maale mengaku di pukul beberapa kali oleh salah seorang pria bersenjata karena sulit mengikuti kelompok yang di culik. Kesehatan Maale yang terganggu, membuatnya tidak bisa lari dan beruntungnya, dia justru di biarkan tertinggal dan akhirnya bisa melarikan diri lalu kembali kepada orang tuanya.

Kemarahan juga timbul dari warga di Katsina yang mendengar aksi bandit melakukan penculikan. Banyak diantara para warga menuntut pemerintah melalui pasukan keamanannya untuk mengambalikan para siswa yang di culik, kembali ke tempat yang lebih aman.

3. Pemerintah Nigeria di anggap belum serius menanggapi ancaman keamanan
img 20201129 234929 50ea938e9c17ec89482d365c6bcb7aea - Kelompok Bersenjata Menculik Ratusan Siswa di Nigeria

Situasi keamanan di beberapa wilayah di Nigeria semakin rentan. Presiden Muhammadu Buhari, yang mengutuk insiden penculikan yang di lakukan para bandit, di anggap belum mampu melakukan stabilisasi keamanan di negaranya. Beberapa operasi dalam beberapa tahun terakhir untuk menstabilkan keamanan di anggap tidak berhasil. Teror dan aksi kriminalitas seperti penculikan dan perampokan meningkat di kota-kota barat laut yang dekat dengan hutan.

Amnesty Internasional melaporkan bahwa sejak Januari hingga Juni 2020, ada 1.126 orang yang di bunuh oleh gerombolan bandit. Serangan di Katsina kali ini kemungkinan adalah serangan dengan jumlah terbesar dan terburuk di wilayah barat laut Nigeria. Banyak sekali warga Nigeria yang kecewa dengan pemerintah karena gagal mengamankan komunitas masyarakat yang rentan terhadap serangan.

Para ahli serta pengamat ekstrimisme telah memperingatkan tentang peningkatan kemampuan para bandit dalam melakukan operasinya di barat laut. Potensi teror di daerah ini memiliki kemungkinan akan berjalan lama seperti halnya teror para kaum radikal di wilayah timur laut Nigeria, seperti kelompok Boko Haram yang tak bisa di tumpas.

Bulama Bukarti, seorang analis dan ahli ekstrimisme yang bekerja di Tony Blair Institute menganggap bahwa pemerintah Nigeria belum menerapkan tindakan urgensi dalam menanggapi situasi. “Keseriusan dan kebijaksanaan di perlukan. Operasi militer berbeda telah di luncurkan, tetapi jelas bahwa semua kekurangan personel, kurang terampil dan kekurangan dana”.