Perang Saudara Kamboja

Perang Saudara Kamboja

Jakarta,1/14/21

Perang Saudara Kamboja  adalah sebuah konflik militer yang mengadu kekuatan Partai Komunis Kampuchea (kitakenal sebagai Khmer Merah) dan sekutunya Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara) dan Viet Cong melawan pasukan pemerintah dari Kerajaan Kamboja dan, setelah bulan Oktober 1970, Republik Khmer, yang dukungan oleh Amerika Serikat (AS) dan Republik Vietnam (Vietnam Selatan).

Perjuangan menjadi semakin rumit oleh pengaruh dan tindakan dari para sekutu kedua pihak yang bertikai. Keterlibatan Vietnam Utara melalui Tentara Rakyat Vietnam (PAVN) laksanakan dengan melindungi Wilayah Dasar dan tempat-tempat suci  bagian timur Kamboja, yang jika tidak dilakukan, akan membuat usaha militer mereka di Vietnam Selatan akan menjadi lebih sulit. Kudeta Kamboja pada tanggal 18 Maret 1970 menempatkan pemerintah pro-Amerika dan anti-Vietnam Utara sebagai penguasa dan mengakhiri netralitas Kamboja dalam Perang Vietnam.

PAVN sekarang terancam oleh pemerintah Kamboja yang baru dan tidak ramah.

[7] Pemerintah Kamboja bergegas meningkatkan jumlah tentaranya untuk memerangi Vietnam Utara dan kekuatan Khmer Merah yang berkembang.Pemerintah Kamboja bergegas meningkatkan jumlah tentaranya untuk memerangi Vietnam Utara dan kekuatan Khmer Merah yang berkembangPemerintah Kamboja bergegas meningkatkan jumlah tentaranya untuk memerangi Vietnam Utara dan kekuatan Khmer Merah yang berkembang

AS motivasi oleh keinginan untuk mengulur waktu dalam rangka penarikan mereka dari Asia Tenggara, untuk melindungi sekutunya Vietnam Selatan, dan untuk mencegah penyebaran komunisme ke Kamboja. Amerika dan pasukan Vietnam Selatan dan Utara secara langsung berpartisipasi (pada satu waktu atau lainnya) dalam pertempuran tersebut. AS membantu pemerintah pusat dengan rangkaian pengeboman udara besar-besaran dan bantuan materi langsung serta dana keuangan.

pasukan Vietnam Selatan dan Utara secara langsung berpartisipasi (pada satu waktu atau lainnya) dalam pertempuran tersebut. AS membantu pemerintah pusat dengan rangkaian pengeboman udara besar-besaran dan bantuan materi langsung serta dana keuangan.

pasukan Vietnam Selatan dan Utara secara langsung berpartisipasi (pada satu waktu atau lainnya) dalam pertempuran tersebut. AS membantu pemerintah pusat dengan rangkaian pengeboman udara besar-besaran dan bantuan materi langsung serta dana keuangan.

 

AS membantu pemerintah pusat dengan rangkaian pengeboman udara besar-besaran dan bantuan materi langsung serta dana keuangan., dan Vietnam Utara yang masing-masing sebut sebagai Perang Saudara Laos dan Perang Vietnam. Perang saudara Kamboja menyebabkan genosida Kamboja, salah satu yang paling berdarah dalam sejarah.