Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

44 - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II – Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan. Perang secara purba di maknai sebagai pertikaian bersenjata. Di era modern, perang lebih mengarah pada superioritas teknologi dan industri.

Perang Dunia II merupakan perang besar (global) yang terjadi pada 1939 hingga 1945. Dalam Perang Dunia II, semua kekuatan besar di dunia terlibat langsung, bahkan perang ini juga berdampak pada negara-negara minor di seluruh dunia.

Perang yang juga mengubah tatanan dunia ini telah merenggut sekitar 75 juta korban jiwa, baik itu dari pihak militer maupun sipil. Nah, ada beberapa  tokoh penting yang  Download IDN Poker cukup berpengaruh dalam era Perang Dunia II. Siapa saja mereka?

1. Josef Stalin
a 1 9b3ad9f379c33a673cb97fe2c1b99836 febaba53ee95f53b8f7d05882772abc0 - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Josef Stalin atau Ioseb Besarionis dze Jughazhvili merupakan salah satu tokoh politik berpengaruh yang ada pada era Perang Dunia II. Politikus yang dilahirkan pada 18 Desember 1878 ini merupakan tokoh komunis terbesar di Uni Soviet kala itu. Bahkan, ia sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet selama 30 tahun.

Dilansir laman Britannica, Stalin dan Hitler merupakan sosok di balik serangan Jerman terhadap Polandia–serangan ini merupakan peristiwa yang memantik Perang Dunia II. Dalam era perang tersebut, Stalin berhasil melakukan invasi militernya ke wilayah Polandia Timur, Estonia, Latvia, Lithuania, Finlandia, dan sebagian Romania.

Menurut orang-orang terdekatnya, Stalin merupakan sosok yang populer dan cerdas. Ia juga dianggap hangat dengan keluarga dan sahabat-sahabatnya meskipun dalam hal politik langkah-langkahnya selalu sulit ditebak. Josef Stalin meninggal dunia pada 1953 akibat perdarahan pada otak. Namun, beberapa kalangan percaya bahwa Stalin dibunuh. Pasalnya, cedera dan perdarahan pada otaknya di nilai tidak wajar dan menyisakan banyak pertanyaan.

2. Benito Mussolini
a 2 9b3ad9f379c33a673cb97fe2c1b99836 c9710a307e6fcb973850e166d223a273 - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Di tulis dalam laman History, Benito Mussolini merupakan diktator fasis yang menjadi pemimpin politik Italia pada 1925 hingga 1945. Pada era Perang Dunia II, Mussolini menjadi sekutu dari Adolf Hitler.  Zaman Pada periode itulah kepemimpinan Mussolini ditopang dan di perkuat dengan pengaruh Hitler di Eropa.

Pada 1922, Mussolini dan semua pengikutnya cukup memiliki kekuatan untuk mendesak pemerintah Roma yang saat itu di perintah oleh Vittorio Emanuele III. Raja Italia saat itu juga tidak memiliki kekuatan yang cukup di segani oleh rakyat sehingga dengan terpaksa memberikan kursi kepemimpinan politik Italia pada Mussolini.

Bersama dengan Nazi Jerman, Mussolini kala itu cukup di takuti oleh bangsa-bangsa di Eropa secara umum. Ia juga sempat melakukan penyerangan ke beberapa wilayah Afrika dan menganggap bahwa peperangan adalah jalan menuju kepada keagungan. Namun, akhirnya Italia kalah di Perang Dunia II oleh serbuan Britania Raya dan Amerika Serikat. Pada 1945, Mussolini di tangkap dan di tembak mati oleh kelompok perlawanan Italia. Ironisnya, mayatnya di gantung dan dipertontonkan di depan umum.

3. Harry Truman
a 3 9b3ad9f379c33a673cb97fe2c1b99836 3325198c24526e1b51a83fa17cfc5dfa - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Harry S. Truman merupakan presiden Amerika Serikat ke-33. Uniknya, Truman bahkan aktif dalam Perang Dunia I sebagai prajurit AS. Truman menjabat presiden AS pada 1945 hingga 1953. Peran krusialnya pada saat ia menjabat adalah keterlibatan Amerika Serikat secara masif dalam Perang Dunia II.

Sebetulnya pada saat itu Truman terpilih menjadi wakil presiden dari Franklin D. Roosevelt. Namun, ia hanya menjabat sebagai wakil presiden selama 82 hari karena Roosevelt meninggal dunia akibat stroke. Bisa di bilang bahwa Truman memang pemimpin AS yang piawai dan berpengalaman dalam peperangan.

Menurut laman Biography, selama enam bulan pertama kepemimpinan Truman, Amerika Serikat sudah terlihat unggul dalam Perang Dunia II. Bahkan, Amerika Serikat sukses meluluhlantakkan dua kota besar di Jepang dengan bom atom. Bom atom Hiroshima dan Nagasaki inilah yang juga sekaligus mengakhiri Perang Dunia II.

4. Winston Churchill
a 4 9b3ad9f379c33a673cb97fe2c1b99836 fb17dbe25d1c8eb1633c1a12e45d4eb9 - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Winston Churchill bukan hanya dihormati sebagai politisi di Britania Raya. Faktanya, tokoh besar yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri Britania Raya ini menjadi salah satu tokoh kunci dalam Perang Dunia II. Bahkan, Amerika Serikat membutuhkan izin khusus dari Britania Raya untuk menjatuhkan dua bom atom di Jepang pada 1945.

Pada era kepemimpinannya, Britania Raya menjadi sekutu erat dari Amerika Serikat dan sejarah mencatat bahwa Churchill bersama dengan Truman meraih kemenangan di Perang Dunia II. Churchill kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Britania Raya pada 1951 dan aktif dalam urusan luar negeri Imperium Britania.

Hingga saat ini, Winston Churchill di anggap sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia, terutama bagi rakyat Inggris dan dunia barat pada umumnya. Ia di pandang sebagai pemimpin yang sanggup membawa pemerintahan Britania Raya pada kejayaan dan bahkan demokrasi liberal yang ada di Eropa saat ini merupakan salah satu perjuangan Churchill di masa lampau.

5. Adolf Hitler
z cover 25bbbd71e50e76c849880bf20757b387 - Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Sosok yang satu ini tentu saja sudah tak asing di mata dunia. Ya, Adolf Hitler merupakan pemimpin Nazi Jerman yang lahir pada 20 April 1889 di Braunau, Austria-Hongaria. Menurut catatan sejarah, Hitler telah menjadi tokoh antagonis terbesar dalam Perang Dunia II. Kepemimpinannya di anggap brutal, melenceng, kejam, dan gemar memusuhi pihak barat beserta sekutunya.

Tentu saja nama besar Nazi di Jerman pada saat itu telah membuat panas Amerika, Inggris, dan negara-negara Britania Raya lainnya. Kebijakan Hitler yang selalu condong pada supremasi telah menganggap bahwa ras bangsanya lebih tinggi di bandingkan dengan ras-ras lainnya di dunia.

Di bawah kepemimpinan Hitler, Nazi menjadi partai terkuat secara militer dan politik di Jerman. Persenjataan mereka juga luar biasa canggih. Namun, seperti di catat dalam History, setelah Jerman dan aliansinya kalah oleh Amerika Serikat, Hitler memutuskan bunuh diri pada 30 April 1945. Ia menembak kepalanya sendiri di dalam markas pertahanan terakhirnya di Berlin.

Itulah beberapa tokoh besar yang di anggap menjadi tokoh kunci dalam era Perang Dunia II. Nama-nama mereka memang selalu tercatat dalam sejarah.