3 Prajurit TNI yang Dapat Tanda Kehormatan Militer dari Jokowi

3 Prajurit TNI yang Dapat Tanda Kehormatan Militer dari Jokowi

3 Prajurit TNI yang Dapat Tanda Kehormatan Militer dari Jokowi

3 Prajurit TNI yang Dapat Tanda Kehormatan Militer dari Jokowi – Untuk memperingati HUT ke-75 TNI, Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan kehormatan bintang militer pada 3 anggota TNI AD, AL dan  AU.

Dilansir https://cal-graf.com Pemberian penghargaan itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 9, 22, 27/TK/2020 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Jalasena Nararya, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

Mayjen TNI Suharyanto membacakan Keputusan Presiden yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

1. Nama 3 prajurit TNI yang dapat penghargaan dari Jokowi 

Pemberian penghargaan itu dilakukan secara langsung di Istana Negara. Ada pun tiga anggota TNI yang mendapatkan bintang militer tersebut yaitu:

1. Sri Widodo, Kolonel Infanteri dianugerahi tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya

2. Suryo Hadi Umar, Kapten Marinir, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya

3. Sobirin, Pembantu Letnan Satu, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya

2. Transformasi TNI harus selalu disesuaikan dengan dinamika ancaman sesuai perkembangan teknologi militer 

Jokowi menyebut bahwa sepanjang sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI), kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya lewat operasi militer untuk perang saja, melainkan operasi militer selain perang. Seperti membantu masyarakat saat menghadapi bencana alam, termasuk pandemik COVID-19.

“Sebagai panglima tertinggi tentara Indonesia, saya menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, dunia saat ini bergerak sangat cepat. Dunia juga bergerak sangat dinamis. Oleh karena itu, transformasi TNI harus selalu disesuaikan dengan dinamika lingkungan strategis dan ancaman sesuai perkembangan teknologi militer.

3. Jokowi banggakan organisasi tempur baru di TNI

Dalam 5 tahun terakhir ini, ujar Jokowi, TNI sudah melakukan transformasi organisasi dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru. Dia melanjutkan, Indonesia juga telah membentuk organisasi tempur baru.

“Seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan udara, Armada 3 Angkatan Laut dan Pasukan Marinir Ketiga. Telah kita bentuk kekuatan gabungan TNI, terutama Tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Tiga Skuadron Drone Angkatan Udara dan Satuan Cyber TNI,” papar Jokowi.

Pembentukan satuan-satuan baru TNI ini, lanjutnya, adalah bentuk komitmen pemerintah untuk terus mendukung transformasi organisasi TNI agar semakin kokoh dalam menjalankan perannya.