5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat,- Kegagalan militer AS tidak diragukan lagi berdampak pada posisi strategis negara itu, tetapi itu tidak melemahkan kekuatan nasionalnya.

Pertempuran Kosovo tetap menjadi peristiwa utama dari kisah Serbia, dan kekalahan militer besar menghiasi narasi nasional Prancis, Rusia, dan Amerika Selatan. Apa bencana terbesar dalam Sejarah militer AS, dan apa dampaknya terhadap AS?

INVASI KANADA

23211736309012502759 - 5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

Pada awal Perang 1812, pasukan AS menginvasi Kanada. Amerika mengharapkan kemenangan yang relatif mudah. Para pemimpin sipil dan militer sama-sama mengharapkan kapitulasi cepat. Namun, orang-orang Amerika melebih-lebihkan kemampuan militer mereka, dan meremehkan kekuatan Inggris. Alih-alih kemenangan yang mudah, mereka terpukul mundur.

Kegagalan invasi mengubah perang ofensif itu menjadi perjuangan defensif. Perang ini menyebabkan kemunduran besar pada visi orang Amerika tentang Amerika Utara yang sepenuhnya di bawah dominasi AS. Inggris mempertahankan posisinya di benua itu, yang pada akhirnya memastikan kemerdekaan Kanada dari AS.

PERTEMPURAN ANTIETAM

Lincoln and generals at Antietam - 5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

Pada September 1862, Robert E. Lee bersama dengan Tentara Virginia Utara menginvasi Maryland. Tujuan Lee adalah mengambil keuntungan dari peluang di sana, mendukung pemberontakan di Maryland, dan mengalahkan pasukan Union.

Sayangnya, informasi tentang disposisi pertempuran jatuh ke tangan Jenderal George McClellan, yang kemudian mencegat dengan Pasukan Potomac yang jauh lebih besar. Presiden Lincoln melihat ini sebagai kesempatan untuk menghancurkan pasukan Lee. Pertempuran Antietam mengakibatkan 22.000 korban, menjadi hari paling berdarah dalam sejarah Amerika.

Terlepas dari jumlah korban yang besar, McClellan gagal menimbulkan kekalahan serius. Lee mampu mundur dengan baik, mempertahankan integritas pasukannya dan kemampuannya untuk mundur dengan aman ke wilayah Konfederasi.

Namun, Antietam bukanlah kegagalan total. Pasukan Virginia Utara banyak yang terluka, dan McClellan memaksa Lee keluar dari Maryland. Presiden Lincoln merasa cukup percaya diri setelah pertempuran itu untuk mengeluarkan Proklamasi Emansipasi, berjanji untuk membebaskan budak di negara-negara yang memberontak.

OPERASI DRUMBEAT

Submarine attack %28AWM 304949%29 - 5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

Pada 11 Desember 1941, Jerman dan Italia mendeklarasikan perang terhadap Amerika Serikat. Secara historis, ini telah dianggap sebagai salah satu kesalahan besar Hitler.

Dalam enam bulan pertama 1942, pasukan U-boat yang diperintahkan oleh Laksamana Doenitz dikerahkan ke pesisir timur. Jerman berhati-hati untuk menghindari intervensi langsung AS. U-boat Jerman mencapai kesuksesan yang luar biasa, karena militer Amerika memiliki pertahanan kapal selam yang lemah.

Hasil dari pertempuran itu sangat menghancurkan bagi AS. Khawatir akan keberhasilan Jerman, Inggris mengirim penasihat ke Amerika Serikat untuk membantu mengembangkan doktrin anti-kapal selam bersama. Peperangan anti-kapal selam sangat rumit, membutuhkan banyak koordinasi dan pengalaman untuk berhasil. Amerika Serikat tidak mendiskusikan masalah itu dengan matang sebelum perang, atau meluangkan waktu untuk belajar dari Inggris.

PERANG KOREA 1950

Menyusul keberhasilan pertahanan Pusan, dan kemenangan yang menakjubkan di pantai-pantai Inchon, Angkatan Darat dan Korps Marinir Amerika Serikat, dengan dukungan pasukan Republik Korea, menuju ke Korea Utara. Tujuannya adalah untuk menghancurkan rezim Pyongyang dan mengambil alih kontrol penuh Semenanjung Korea ke Seoul.

Amerika Serikat melihat serangan itu sebagai kesempatan untuk merampas kebangkitan Komunis setelah Revolusi China, dan menghukum dunia Komunis karena agresi di Semenanjung Korea.

m20 75 mm recoilless rifle korean war 7ae9862dc07dd2e12d208a367d05e436 600x400 - 5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

Ketika China melakukan serangan balasan pada November 1950, mereka mengakibatkan korban jiwa yang sangat besar di kedua belah pihak. Akhirnya, dibangunlah garis yang sekarang menjadi Zona Demiliterisasi.

Namun, intelejen AS tidak memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan China atau kemampuan China. Invasi itu menghasilkan dua tahun perang lagi. Itu juga meracuni hubungan AS-China selama satu generasi.

PEMBUBARAN ANGKATAN DARAT IRAK

Militer Irak - 5 Daftar Kekalahan Besar Militer Amerika Serikat

Pada 23 Mei 2003, Paul Bremer, kepala administrator dari Coalition Provisional Authority (pemerintah transisi Irak) memerintahkan Angkatan Darat Irak untuk membubarkan diri. Seperti yang diakui banyak orang, itu adalah keputusan yang mengerikan pada saat itu.

Angkatan Darat Irak sangat terlibat dalam struktur kekuasaan Baath yang telah mendominasi Irak selama beberapa dekade. Banyak perwiranya telah melakukan kejahatan perang, seringkali terhadap warga Irak lainnya. Tentara Irak muncul pada awal 1920-an, ketika Irak menjadi pelindung Kerajaan Inggris.

Mereka telah memberontak pada 1941, tetapi Inggris membuat keputusan bijak untuk menjaga kekuatan bersama untuk menjaga ketertiban. Pada 1948, unit-unitnya berperang melawan pasukan Israel selama perang kemerdekaan Israel, dan berpartisipasi dalam perang 1967. Pada 1980-an, mereka melakukan perjuangan delapan tahun melawan Iran.

Meski warisannya kompleks, bagi banyak orang Irak, Angkatan Darat Irak tetap menjadi sumber kebanggaan pribadi dan nasional yang telah melembaga selama delapan puluh tahun. Pada akhirnya, Angkatan Darat Irak sebagian besar bubar setelah invasi AS di negara itu.

KESIMPULAN

Kegagalan militer Amerika tidak diragukan lagi berdampak pada posisi strategis negara itu, tetapi itu tidak melemahkan kekuatan nasionalnya. Amerika Serikat pulih dengan cepat dari Operasi Drumbeat, Antietam, pembubaran Tentara Irak, dan kekalahan di Korea.

Kebesaran nasional bergantung pada lebih dari sekadar kemenangan dalam pertempuran, seperti yang ditunjukkan oleh kekuatan AS. Namun demikian, masing-masing kekalahan yang tak terhindarkan ini telah mengorbankan banyak darah, harta, dan waktu bagi Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *