Asal Mula Munculnya Virus Corona

Asal Mula Munculnya Virus Corona

Asal Mula Munculnya Virus Corona

Asal Mula Munculnya Virus Corona – Wabah virus corona masih terus menghantui banyak negara di dunia. Tak terkecuali Indonesia. Jika sebelumnya Indonesia menjadi salah satu negara yang belum terinfeksi, kini Tanah Air sudah mengonfirmasi kasus pertamanya.

Namun, masih banyak warga Indonesia yang mempertanyakan bagaimana virus corona bisa masuk ke Indonesia.

Simak ulasan informasinya berikut ini.

Awal Mula Pasien Bertemu WNA Jepang

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan dari kedua pasien, salah satunya merupakan guru dansa. Pasien berusia 31 tahun ini lantas melakukan kontak fisik dengan WNA Jepang. Untuk informasi, sebelum ke Indonesia, WNA Jepang ini bermukim di Malaysia.

Kronologi Lengkap

Pasien tersebut terkena batuk dan kemudian melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat. Namun, pada saat itu pasien langsung dibolehkan untuk rawat jalan atau kembali ke rumah. Namun, sakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh. Pasien dirujuk ke rumah sakit dan diminta untuk menjalani rawat inap. Pada saat inilah, batuk yang diderita pasien mulai disertai sesak napas.

Pasien mendapatkan telepon dari temannya yang di Malaysia. Dalam sambungan telepon tersebut, pasien mendapatkan informasi jika WNA Jepang yang merupakan temannya itu positif terinfeksi virus corona. “Kemudian pasien tersebut memberi tahu perawat rumah sakit,” jelas Terawan.

Dipindahkan ke RSPI Sulianti Saroso

Mengetahui informasi tersebut, pihak rumah sakit pun langsung memasukkan pasien dalam status pemantauan terkait virus corona. “Sehingga teman-teman dokter yang ada di rumah sakit tersebut menyiapkan diri standar perawatan pasien terjangkit positif corona,” jelasnya.

Kondisi Pasien Membaik

Menanggapi merebaknya berita terkait pasien virus corona, Menteri Kesehatan menegaskan kedua WNI dalam kondisi baik. Kedua pasien terinfeksi virus corona hingga saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso.

“Sekarang dua orang itu dirawat di rumah sakit Sulianti Suroso, di ruang isolasi, kondisinya baik,” kata Terawan di kantor Kementerian Kesehatan. Lebih lanjut, Menteri Kesehatan Terawan mengatakan pasien tidak mengalami demam dan keduanya tidak kehilangan nafsu makan.

Menteri Kesehatan menambahkan, pihaknya juga akan menunggu hingga lima hari untuk memastikan kesembuhan pasien. Hal ini juga telah disesuaikan dengan ketentuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kondisi WNA Jepang yang Terinfeksi

WNA asal Jepang yang menulari warga negara Indonesia tercatat sebagai ‘pasien virus corona ke-24’ di Malaysia. Berdasarkan pers rilis resmi otoritas kesehatan Malaysia, WNA Jepang ini pernah berkunjung ke Indonesia pada awal Februari dan positif terinfeksi.

Kediaman WNI Diperiksa

Setelah mengetahui positif terinfeksi virus corona, Menteri Kesehatan Terawan bersama pihaknya langsung mengecek dua pasien tersebut. Tidak hanya itu, kediaman yang dihuni oleh kedua pasien juga langsung diisolasi.

Menteri Kesehatan juga memastikan virus corona ini tidak ada kaitannya dengan ABK kapal pesiar yang baru saja dievakuasi. Lantaran, seluruh ABK tersebut masih ditempatkan di Pulau Sebaru.

Pernyataan Presiden Indonesia

Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama virus corona di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kasus pertama virus corona ini langsung mengenai dua warga negara Indonesia. Hal ini dikarenakan kedua pasien melakukan kontak dengan WNA Jepang yang datang ke Indonesia.

Memiliki Peralatan Standar Internasional

Banyak yang meragukan Indonesia terkait penanganan virus corona, Presiden Indonesia pun membuka suara. Jokowi menyakini sejak awal pemerintah telah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk rumah sakit 100 dengan ruangan standar isolasi.

“Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional. Kita juga miliki reagen yang cukup. Kita juga miliki tim gabungan tni, polri, dan sipil dalam penanganan ini,” ungkap Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *