FGM-148 Javelin, Rudal Penghancur Tank Andalan TNI AD

FGM-148 Javelin Rudal Penghancur Tank Andalan TNI AD

FGM-148 Javelin, Rudal Penghancur Tank Andalan TNI AD

FGM-148 Javelin, Rudal Penghancur Tank Andalan TNI AD,- Dalam kancah peperangan modern, bukan barang tentu akan ada pertempuran yang mempertemukan Infanteri dengan kompi lapis baja (Kavaleri). Dilihat sekilas memang tak adil, infanteri harus berhadapan dengan mesin perang lapis baja, tentu banyak yang beranggapan tank akan mudah melibasnya.

Namun pertempuran modern tidak mengizinkan kejadian seperti itu berlangsung mudah. Hal ini lantaran ditemukannya Anti-tank Guided Missile (ATGM) atau di Indonesia jamak disebut Senjata Lawan Tank yang bisa dipanggul oleh seorang prajurit infanteri.

Gunanya jika infanteri bertemu dengan kompi Kavaleri maka bisa melawan dan menghancurkannya. Tentara Indonesia khususnya di lini infanteri sekarang sudah dibekali dengan ATGM kenamaan buatan Amerika Serikat, FGM-148 Javelin.

Sejak November 2012, pembelian FGM-148 Javelin sudah diproses untuk diakusisi TNI AD. FGM-148 Javelin dibuat oleh Raytheon dan Lockheed Martin, dan bisa dioperasikan oleh dua orang. Javelin mempunyai jarak tembak maksimum 4.500 meter dan jarak tembak efektif 2.000 meter. Di lini ATGM, Javelin masuk kategori ‘wah’.

Javelin Dilengkapi dengan HEAT (High Explosive Anti Tank)

3961252627 - FGM-148 Javelin, Rudal Penghancur Tank Andalan TNI AD

Pasalnya Javelin ialah ATGM Fire & Forget, yakni setelah ditembakkan rudal bisa mencari sasarannya sendiri tanpa dipandu oleh si penembak Bukan hanya itu, saking istimewanya, Javelin bisa menghantam target walau sasarannya bergerak secepat 540 km/jam. Untuk hulu ledaknya sendiri, Javelin dilengkapi dengan HEAT (High Explosive Anti Tank).

HEAT ini jika menghantam lapis baja tank maka akan menimbulkan ledakan terkonsentrasi di satu titik. Setelahnya akan meluncurkan gas super panas yang akan menjebol lapisan baja, untuk selanjutnya mengeliminasi awak tank yang berlindung didalamnya. Lebih gilanya lagi, rudal Javelin ketika sudah diluncurkan tidak langsung menerjang target.

Namun ia akan meluncur ke atas terlebih dahulu setinggi 50-150 meter, mencari sasaran dan akan menukik tajam menghantam target dari atas. Bukan hanya tank saja, Javelin juga doyan melibas bunker, perkubuan musuh hingga helikopter.

Bisa dibilang jika infanteri TNI AD dibekali Javelin di medan operasi maka mereka bisa menangkal segala jenis ancaman kendaraan lapis baja musuh apapun jenisnya. Javelin juga sudah digunakan dalam perang sesungguhnya dimana T-55 Irak menjadi mangsa favorit saat AS menginvasi negeri 1001 malam itu Joker Deposit Pulsa Tanpa Potongan.

Walau ATGM, nyatanya AS hanya menjual Javelin kepada negara yang dianggap teman dekatnya saja dan tentu punya uang untuk membelinya. Negara berkantong cekak di alokasi pertahanannya harap minggir jangan bermimpi punya Javelin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *