Helikopter Militer Kanada Ditemukan

Helikopter Militer Kanada Ditemukan

Puing Helikopter Militer Kanada Ditemukan di Perairan Italia

Puing Helikopter Militer Kanada Ditemukan di Perairan Italia – Puing helikopter militer Kanada yang tengah bertugas sebagai tentara gabungan NATO ditemukan di laut antara Yunani dan Italia. Kabar ini disampaikan oleh sumber di dalam militer Yunani pada Kamis.

“Puing-puing ditemukan di wilayah Italia, di Laut Ionia,” kata sumber tersebut dikutip dari AFP. “Yunani sudah mengirimkan helikopter angkatan laut untuk terlibat dalam operasi penyelamatan.”

Helikopter Kanada tersebut memuat enam penumpang saat menghilang pada Rabu. Lima orang awak Angkatan Laut Kanada yang dilaporkan hilang dalam kecelakaan ketika patroli gabungan NATO diduga tewas.

Kementerian Pertahanan Kanada dalam pernyataannya mengatakan misi penyelamatan dan pencarian yang dilakukan sejak Rabu secara resmi telah diubah menjadi upaya pemulihan.

“Lima anggota yang berada dalam pesawat yang hilang sekarang secara resmi dianggap hilang dan diduga tewas,” tulis pernyataan tersebut seperti dilansir AFP.

Sementara itu stasiun televisi Yunani sempat melaporkan penemuan tubuh di antara puing-puing yang terlihat di perairan lepas di dekat Pulau Kefalonia.

Namun kabar tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak militer setempat. “Saya bisa memberikan konfirmasi bahwa ada insiden yang melibatkan helikopter yang berasal dari kapal NATO. Saat ini operasi pencarian dan penyelamatan tengah dilakukan.”

Militer Kanada telah lebih dulu merilis pernyataan tentang pencarian helikopter tersebut setelah kontak mereka dengan helikopter tersebut terputus.

Kepala Kepolisian Nasional Filipina, Jenderal Archie Francisco Gamboa, beserta rombongan cedera setelah helikopter Bell 429 yang mereka tumpangi jatuh.

Sajjan mengatakan data rekaman penerbangan dan suara kokpit telah ditemukan dan akan dianalisa lebih lanut untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Lima anggota yang berada dalam pesawat

Hasil investigasi bersama yang dilakukan Yunani, Italia, Turki, dan Amerika Serikat melaporkan helikopter tersebut melintasi perairan internasional sejauh 93 kilometer dari Kefalonia. Di waktu yang bersamaan, kapal perang Italia, Yunani, dan Turki juga ikut ambil bagian dalam latihan bersama dengan Kanada.

“Kontak hilang dengan helikopter yang tengah berpartisipasi dalam latihan gabungan di pantau Yunani. Usaha pencarian dan penyelamatan saat ini tengah dilakukan.”

Juru Bicara Supreme Headquarters Allied Powers Europe (SHAPE) juga memberikan konfirmasi tentang peristiwa tersebut. Sejauh ini tim penyelamat baru berhasil menemukan dan mengindentifikasi satu awak helikopter Cyclone Sikorsky CH-148, Abbigail Cowbrough.

Menurut saksi bernama Glenda Garcia, ketika peristiwa terjadi dia mendengar suara dentuman cukup keras. Dia mengatakan helikopter tersebut tersangkut di kabel listrik dan langsung jatuh ke jalan hingga menimbulkan debu beterbangan yang cukup pekat.

“Suaranya sangat keras dan kami lari karena khawatir helikopter itu berputar-putar tidak terkendali dan bisa mengenai kami,” kata Garcia.

Helikopter Kanada yang memuat enam awak dilaporkan hilang kontak pada Rabu. Helikopter tersebut hendak kembali ke kapal induk HMCS Fredericton dalam misi latihan gabungan NATO.

Kemarin, helikopter Angkatan Laut Kanada dalam misi NATO yang membawa enam anggota Angkatan Bersenjata jatuh di Laut Ionia, lepas pantai Yunani,” ujar Perdana Menteri Justin Trudeau saat konferensi pers di Ottawa, Kamis.

Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan mengatakan sejauh ini belum diketahui penyebab kecelakaan. Namun suar otomatis yang ditempatkan di perairan terdekat ditemukan di perairan tak lama setelah helikopter hilang kontak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *