‘Hore’, Kim Muncul di Depan Publik Setelah Hilang 21 Hari

'Hore', Kim Muncul di Depan Publik Setelah Hilang 21 Hari

Kim Jong-un Akhirnya Muncul

Muncul – Pemimpin dari Korea Utara Kim Jong-un akhirnya muncul di hadapan publik setelah menghadiri pemotongan pita dalam peresmian pabrik pupuk Sunchon setelah hilang 21 hari dari sorotan media. Kim terakhir dilaporkan muncul dihadapan publik pada 11 April yang lalu.

Dikutip dari laman NK News, Sabtu (2/5), stasiun radio pemerintah melaporkan Kim melakukan inspeksi ke pabrik itu kemarin untuk memperingati hari Buruh Internasional 1 May.

Baca juga : Pejabat AS Tekan Intelijen Untuk Sebut Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan

Kim ditemani adik perempuannya, Kim Yo-jong dan juga pejabat tinggi Korut, Pak Pong-ju, Kim Dok-hun, Pak Thae-song, dan Jo Yong Won, kata radio pemerintah itu.

Kunjungan Kim ke pabrik itu disambut gegap gempita para hadirin yang menyambutnya dengan teriakan ‘horee!’, kata laporan media pemerintah KCNA.

Kantor berita Reuters tidak bisa memastikan kebenaran kabar ini secara independen.

Kim terakhir kali mengunjungi pabrik itu pada 7 Januari 2020, menurut data NK Pro Leadership Tracker.

Spekulasi yang Beredar

Dalam sepekan terakhir beredar sejumlah spekulasi tentang kondisi dan keberadaan Kim. Dia tidak hadir dalam hari kelahiran kakeknya, pendiri Korut–Kim Il-sung–pada 15 April. Dia juga dilaporkan baru menjalani operasi jantung.

Kim kemudian tidak tampak muncul lagi di depan publik setelah menghadiri pertemuan politbiro Partai Pekerja pada 11 April yang dilaporkan harian pemerintah Rodong Sinmun.

Berbagai media internasional kemudian menyoroti kondisi kesehatan Kim, sebagian bahkan menyebut dia sudah meninggal.

Foto citra satelit yang dilaporkan situs 38 North memperlihatkan sebuah kereta pribadi Kim berada di lokasi wisata Wonsan di pesisir timur Korut bersama sejumlah kapal mewah yang biasa dia pakai. Foto itu dinilai bisa menjadi pertanda dia masih hidup.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *