Memahami Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Memahami Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Memahami Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Memahami Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia – Hindia Belanda memanglah salah satu wilayah koloni yang memiliki kekayaan alam berlimpah di dalamnya, khususnya di Pulau Jawa. Jepang yang notabene negara yang miskin sumber daya alam memikirkan pelbagai macam cara untuk dapat menaklukan Hindia Belanda.

Laporan-laporan dari orang Jepang yang tinggal di Indonesia membuat Jepang yakin akan keputusannya, terlebih lagi Hindia Belanda memiliki hampir semua keperluan Jepang dalam menghadapi perang dengan sekutu di Asia-Pasifik.

Dilansir https://codecha.org Jepang berhasil menguasai wilayah di Indonesia. Kekuatan Jepang bahkan dapat dikatakan lebih kuat dibanding Sekutu karena Jepang memiliki bantuan kekuatan udara taktis, sedangkan kekuatan udara Sekutu sudah hancur karena pertempuran awal di Indonesia maupun di Malaysia.

Setelah berhasil menduduki Indonesia dan mengusir Belanda, Jepang menawarkan sebuah kebebasan yang semu dan palsu. Dengan kekuatannya Jepang dapat mengikat seluruh elemen kehidupan di Hindia Belanda.

Sesuai dengan sifat Fasisme Militer, Jepang berambisi untuk mengalahkan Sekutu dengan memanfaatkan rakyat Indonesia terutama para pemuda selain mengeruk kekayaan alamnya, semuanya untuk apa? Ya pastinya mendukung kemenangan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya. Adapun cara Jepang yaitu dengan membentuk organisasi-organisasi yang bersifat militer dan semi-militer.

Apa Pengertian/Arti Organisasi Militer Dan Semimiliter ?

Organisasi militer yang Jepang bentuk dimaksudkan untuk mengorganisasikan pemuda untuk didik dan dilatih secara sistematis berdasarkan disiplin militer Jepang yang diperuntukan guna mempertahankan wilayah Indonesia secara khusus dan diluar itu dapat dipergunakan Jepang untuk berperang di wilayah Asia-Pasifik lainnya. Mereka yang direkrut untuk menjadi anggota biasanya memiliki postur tubuh yang ideal dan memiliki jasmani yang sehat.

Adapun organisasi semi militer merupakan organisasi yang tidak dikhususkan untuk pertahanan, melainkan keamanan dalam negeri guna mewujudkan ketertiban di masyarakat pendudukan Jepang. Pelatihan militer memang diberikan. Akan tetapi jenis pelatihan yang digunakan dikhususkan untuk dapat melakukan serangkain pengamanan bukan untuk pertahanan. Dan sasarannya adalah ketertiban masyarakat dan diletakan di tengah-tengah masyarakat itu sendiri.