Militer Indonesia Peringkat 12 Dunia, Terkuat di Asia Tenggara

Militer Indonesia Peringkat 12 Dunia, Terkuat di Asia Tenggara

Militer Indonesia Peringkat 12 Dunia, Terkuat di Asia Tenggara

Militer Indonesia Peringkat 12 Dunia, Terkuat di Asia Tenggara – Masuk dalam daftar  Military Strength Ranking atau peringkat Kekuatan Militer milik Global Firepower (GFP). Penilaiannya mengacu pada lebih dari 55 faktor untuk menetapkan skor indeks kekuatan (Power Index) ke 137 negara – menambah Moldova tahun ini.

Global Firepower tampaknya telah mengubah metodologinya dari daftar sebelumnya pada 2019, menghasilkan angka indeks yang berbeda.

Dalam daftar tersebut, Indonesia masuk dalam daftar 25 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Bersanding dengan Amerika, Rusia, hingga Arab Saudi.

Bagaimana dengan peringkat Indonesia dalam daftar tersebut di Asia?

Tahun 2019, menurut daftar Asian Continental Powers Ranked by Military Strength, ada total 45 negara yang termasuk di dalamnya. Berikut ini posisi Indonesia dalam daftar negara dengan kekuatan milter terkuat di Asia.

Global Firepower merilis peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia, dan menempatkan Militer Indonesia berada di peringkat 12 besar dunia.

Berdasarkan 50 faktor Penilaian, posisi ke 12 menjadikan militer Indonesia merupakan negara paling kuat di Asia Tenggara. Bahkan posisi ini mengalahkan beberapa militer negara Eropa seperti Denmark, Polandia dan Ceko. Tepat diatas Indonesia, ditempati Militer Israel di posisi ke 11.

Faktor-faktor yang digunakan untuk menilai kekuatan militer sebuah negara ialah seperti jumlah penduduk, usia warga yang bisa menjadi personel militer, anggaran militer, jumlah peralatan militer, konsumsi BBM, utang luar negeri, dan banyak pengukur lainnya.

Misalnya, jumlah populasi sebuah negara menjadi awal penilaian daftar ini. Secara umum, semakin besar populasi sebuah negara, kekuatan militer negara itu akan semakin besar.

Agar penilaian ini adil, kapabilitas sebuah negara mengembangkan dan memiliki persenjataan nuklir tidak menjadi faktor penilai. Semua penilaian menunjukkan kemampuan militer sebuah negara jika terjadi perang konvensional baik perang darat, udara, maupun laut.

Untuk negara militer terkuat masih dipegang oleh Amerika Serikat, diikuti Rusia dan China di peringkat kedua dan ketiga. Sementara itu, India dan Inggris menduduki peringkat keempat dan kelima negara-negara dunia dengan militer paling mumpuni. Negara Asia lain yang menduduki posisi 10 besar adalah Korea Selatan di peringkat ketujuh dan Jepang di peringkat kesembilan.

Adapun negara terkuat kedua di Asia Tenggara ditempati Thailand yang secara global menempati peringkat ke-20, diikuti Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia (35), Filipina (40), Myanmar (44), Kamboja (96), dan Laos (117). Sementara itu, lima negara dengan kekuatan militer terbawah dalam daftar ini adalah Libya, Zambia, Mali, Mozambik, dan Somalia.

Prajurit Pasukan Khusus bukanlah tentara biasa. Mereka adalah orang-orang pilihan untuk melakukan operasi terberat dan paling rumit di dunia.

Sebuah organisasi internasional untuk keamanan dunia, NATO, menggambarkan mereka sebagai “kegiatan militer yang dilakukan oleh pasukan khusus yang ditunjuk, diawaki dengan personel pilihan, menggunakan taktik yang tidak konvensional.”

Unit-unit tersebut jelas melampaui kegiatan militer normal.

Salah satu negara yang memiliki pasukan elit seperti itu adalah Indonesia, dan tim tersebut masuk dalam daftar pasukan khusus yang tangguh dari seluruh dunia.

Semoga informasi di atas bermanfaat, Terimah kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *