Nazi Jadi Mesin Militer Hitler

Nazi Jadi Mesin Militer Hitler

Angkatan Bersenjata Nazi yang Jadi Mesin Militer Hitler

Nazi Jadi Mesin Militer Hitler – Setelah 1933 adalah masa kejayaan partai NAZI pimpinan Adolf Hitler. Namun, kejayaan itu bukan hanya disebabkan faktor Hiter. Bagaimanapun, perang tak hanya butuh serdadu dan bedil semata. Setelah Machtergreifung (pengambilalihan kekuasaan di Jerman oleh NSDAP) pada tahun 1933. Jerman mulai mempersenjatai diri kembali dengan membangkitkan mesin-mesin militernya yang sudah lama mati suri.

Hitler yang saat itu diangkat menjadi  menjadi Reichskanzler (Kanselir Jerman) sekaligus pemimpin NSDAP (Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/Nazi) berhasil mengubah Jerman menjadi negar adikuasa militer global pada masanya. Ia berhasil Daftar S128 membatalkan Perjanjian Versailess, membangun taktik perang yang ciamik dan mendirikan mesin teror militer yang nantinya akan menjadi andalannya selama Perang Dunia II berlangsung.

Waffen-SS

Pasukan elit Jerman yang anggotanya diambil dari Schutzstaffel (SS). Pasukan elit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu Leibstandarte (Pengawal Pribadi Hitler), SS-Verfuegungstruppe (SSVT, Pasukan Khusus SS), dan SS-Totenkopfverbaende (SSTV, Pasukan Penjaga Kamp Konsentrasi Yahudi).

Waffen-SS yang semula merupakan sayap militer SS, berevolusi menjadi tentara Jerman kedua dalam Wehrmacht (Angkatan bersenjata Nazi Jerman), yang sama-sama bertempur dengan Heer (Angkatan darat reguler Jerman). Waffen-SS dikenal dengan kemampuan bertempurnya yang mumpuni, tetapi mereka juga terkenal karena kejahatan perang terhadap warga sipil dan tahanan perang.

Bagi komandan SS, Heinrich Himmler anggota baru SS harus memiliki tubuh yang proposional. Seperti tidak boleh ada ketidakseimbangan antara kaki dan dengan bagian tubuh atau antara kaki dengan paha.

Luftwaffe

Sebutan untuk sebuah unit Angkatan Udara Nazi Jerman yang berhasil dihidupkan kembali oleh Adolf Hitler tahun 1935 dengan kekuatan yang lebih modern. Meski Perjanjian Versailles melarang Jerman untuk memiliki tentara modern. Sang Fuhrer berhasil membawa Wehrmacht dan Luftwaffe untuk meraih pencapaian gemilang dalam Perang Dunia II.

Hitler menandatangani sebuah dekrit rahasia untuk membangun kembali Angkatan Udara Jerman. Yang nantinya juga akan menjadi mesin militernya selama Perang Dunia II. Hitler menunjuk Hermann Goring sebagai komandan utama angkatan bersenjata ini. Karena Goring termasuk dalam salah satu pilot jempolan saat Perang Dunia I.

Tunduk Pada Keinginan Negara Atau Tamat

Kriegsmarine

Jika Waffen-SS adalah Angkatan Darat dan Luftwaffe adalah Angkatan Udaranya, maka Kriegsmarine adalah Angkatan Laut Nazi Jerman. Dalam Perjanjian Angkatan Laut antara Inggris dan Jerman yang mengizinkan adanya pembangunan armada atas permukaan 35% dati tonnase kapal atas permukaan Inggris, yang artinya perjanjian tersebut mengizinkan Jerman untuk membuat kapal perang yang beratnya 35.000 ton dan tidak boleh melebihi berat kapal selam Inggris yang mempunyai bobot 45.000 ton.

Angkatan Laut ini pertama kali diturunkan saat berlangsungnya perang saudara di Spanyol, yang menjadi wilayah uji coba mesin militer Nazi Jerman lainnya, Luftwaffe. Pada perang tersebut Kriegsmarine digunakan untuk mendukung upaya kudeta kaum nasionalis Spanyol.

Schutzstaffel (SS)

Organisasi keamanan dan militer Nazi ini dibentuk langsung oleh sang Fuhrer, Adolf Hitler pada bulan April 1925. Schutzstaffel atau SS adalah pasukan elite pengawal pribadi Hitler yang paling ditakuti di seluruh daratan Eropa. SS dibagi menjadi dua sub-unit, yaitu Waffen-SS dan Allgemeine-SS. Keduanya merupakan dua sub-unit yang berbeda. Jika, Waffen-SS berdiri sebagai sayap militer, Allgemeine-SS berdiri sebagai sayap politis.