Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer

Negara yang Ternyata Tidak Memiliki Pasukan Militer, Mana Saja?

Negara yang Tidak Memiliki Pasukan Militer – Pada umumnya suatu negara tentu memiliki pasukan militer. Fungsi militer ini adalah untuk menjaga pertahanan suatu negara atau ketika harus menghadapi musuh dalam peperangan. Jadi, kebanyakan orang tentu mengira setiap negara pasti memiliki pasukan militer.

Pasukan militer merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi banyak negara di dunia. Kehadiran pasukan militer dinilai sangat penting untuk menjaga kedaulatan dan mencegah ancaman yang datang dari luar. Jika ada banyak negara yang saling berlomba unjuk kekuatan militer, namun tidak dengan kelima negara-negara di bawah ini. Mereka justru tidak memiliki kekuatan militer sama sekali.

Inilah negara di dunia yang tidak memiliki pasukan militer, bagaimana mereka mempertahankan diri? Yuk, disimak!

Palau

Mirip dengan Samoa, negara Palau juga merupakan negara kepulauan tanpa kekuatan militer. Namun negeri indah ini ternyata masuk dalam perlindungan militer Amerika Serikat, seperti ditulis dalam Army Technology. Bahkan beberapa pangkalan militer Amerika telah didirikan di Palau sejak 1944 silam, di mana saat itu Palau telah diambil alih dari tangan Jepang.

Dengan dukungan militer Amerika Serikat, pemerintah Palau dapat fokus pada persoalan ekonomi dan pariwisata. Terbukti, negara Palau adalah salah satu negara kepulauan yang termasuk sering dikunjungi para wisatawan dari seluruh dunia.

Kosta Rika

Kosta Rika adalah salah satu negara yang berada di Amerika Tengah. Salah satu keunggulan negara berpopulasi 5 juta jiwa ini adalah sektor ekonomi dan pendapatan per kapita yang terbilang tinggi dibandingkan dengan negara Amerika Tengah lainnya. Namun, ternyata, negara dengan indeks bahagia yang cukup tinggi ini tidak memiliki pasukan militer sama sekali.

Meskipun ada beberapa pasukan polisi lokal yang menjaga keamanan warga sipil, namun Kosta Rika justru bahagia tanpa kehadiran pasukan militer. Seperti dicatat dalam USA Today, Kosta Rika memang memiliki cita-cita luhur untuk mewujudkan perdamaian di negaranya, dan salah satunya adalah meniadakan pasukan militer.

Tapi, hanya karena negara ini tak memiliki pasukan militer, bukan berarti negara ini tak dihormati. Pasalnya, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Meksiko, dan Panama akan selalu siap membantu manakala Kosta Rika mendapatkan ancaman dari pihak luar.

Militer Untuk Menjaga Pertahanan Suatu Negara

Samoa

Samoa merupakan negara kepulauan yang hanya memiliki pasukan maritim yang tidak seberapa. Dengan ketidakhadiran kekuatan militer di negeri tersebut, tentu negara indah ini sangat rentan dengan ancaman dari luar. Hanya memiliki pasukan kepolisian lokal, nyatanya tidak membuat Samoa khawatir berlebihan.

Pasalnya, Samoa telah masuk dalam perlindungan militer Selandia Baru, seperti dicatat dalam laman Nation Master. Jika ada negara asing yang mengganggu Samoa, maka militer Selandia Baru akan segera turun tangan. Dan sekadar informasi, militer Selandia Baru juga didukung penuh oleh Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Andorra

Andorra adalah salah satu negara terkecil di Eropa, dan bahkan merupakan salah satu negara Eropa tanpa kekuatan militer sama sekali. Negara yang berpopulasi sekitar 77 ribu jiwa ini telah merdeka sejak 1814 silam dari jajahan Prancis. Tanpa kekuatan militer, bagaimana Andorra mempertahankan diri dari ancaman luar?

Ternyata, Andorra berada di bawah perlindungan militer Spanyol. Lebih dari 25 persen warga Andorra adalah orang Spanyol, dan Negeri Matador tersebut telah memiliki hubungan yang erat dengan Andorra sejak ratusan tahun silam.

Liechtenstein

Negara yang berada di Eropa Tengah ini juga tidak memiliki pasukan militer. Tentu negara yang berbatasan langsung dengan Swiss dan Austria ini memiliki keindahan yang luar biasa layaknya negara-negara Eropa lainnya. Namun, bagaimanakah cara Liechtenstein mempertahankan diri dari ancaman luar?

World Travel Guide mencatat bahwa negara kecil ini telah berdiri pada posisi netral semenjak era Perang Dunia II hingga saat ini, bersama dengan Swiss. Saat ini, Liechtenstein merupakan negara di Eropa dengan indeks kemakmuran yang sangat tinggi. Meskipun tanpa kehadiran pasukan militer, ada beberapa negara Eropa seperti Swiss, Jerman, dan Austria yang siap melindungi negeri berpenduduk 39 ribu jiwa tersebut dari ancaman luar.

Itulah negara yang ternyata tidak memiliki pasukan militer. Ternyata, meskipun mereka tidak memiliki pasukan militer, mereka bukanlah negara yang lemah, ya!