Operasi Zebra 2020 : Polres Jeneponto Bagi-bagi Sembako

Operasi Zebra 2020 : Polres Jeneponto Bagi-bagi Sembako

Operasi Zebra 2020 : Polres Jeneponto Bagi-bagi Sembako

Operasi Zebra 2020 : Polres Jeneponto Bagi-bagi Sembako – Kepolisian Resor (Polres) Jeneponto masih menggelar Operasi Zebra 2020 yang digelar serantak se-Indonesia itu dilaksanakan sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasalantas) Polres Jeneponto, AKP Muh.Tamrin mengatakan, dalam operasi yang digelar selama 14 hari ini, pihaknya tidak mengeluarkan sanksi tilang.

“Tidak ada penindakan tilang, tetapi kita lakukan bakti sosial dengan beberapa kegiatan peduli sesama diantaranya Daftar IDN Poker bagikan beras kepada sopir angkutan umum yang beroperasi dalam wilayah Jeneponto,” ujarnya, Senin (2/11/2020).

Kata dia, selain kepada sopir kendaraan angkutan umum, pihaknya juga membagikan beras kepada tukang becak dan ojek yang terdampak pandemi Covid-19.

Tamrin menjelaskan, penindakan pelanggaran akan diminimalkan. Pihaknya akan lebih mengutamakan sosialisasi perarturan yang harus dipatuhi para pengguna jalan.

Untuk Operasi Zebra kali ini, sambungnya, penindakan dengan tilang diminimkan hingga nol persen.”Kami hanya melakukan sosialisasi pencegahan. Itu akan lebih dimaksimalkan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19,” sambungnya.

Menurut mantan Kasat Lantas Polres Bone itu, paket yang dibagikan yaitu beras, masker brosure dan sticker ajakan menggunakan masker. Operasi itu telah dimulai di Kecamatan Tarowang pada Sabtu (31/10/2020) kemarin, dan akan mencakup di 11 kecamatan lainnya.

Mulai dari Kecamatan Tarowang sampai menyeluruh di 11 kecamatan di Kabupaten Jeneponto hingga berakhirnya Operasi Zebra tanggal 8 November mendatang.

“Setelah Kecamatan Batang dan Tarowang, hari ini kami lakukan aksi yang sama di Kecamatan Binamu dengan sasaran yang sama,” tutur Tamrin.

Menurutnya, aksi kemanusiaan bagi-bagi sembako itu digelar karena masyarakat masih dalam kondisi terdampak pandemi Covid-19. Pelaksankaan Operasi Zebra 2020 memang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, operasi lebih menitikberatkan pada aspek premetif dan preventif dibandingkan dengan tindakan berupa penilangan seperti biasanya.