Pasukan Elit Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Pasukan Elit Negara Terkuat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Pasukan Elit Negara Terkuat di Dunia

Pasukan Elit Negara Terkuat di DuniaPasukan militer terkuat di seluruh Asia dari negara mana saja sih? Mungkinkah Jepang ataukah Korea Utara yang dipimpin Kim Jong-un? Meningkatnya sensitifitas isu-isu keamanan strategis di ranah global membuat perbincangan soal kekuatan militer dunia menghangat.

Baca juga : Korsel Sudah Sukses Pun Kewalahan dengan Kasus Baru di New Normal

Asia sebagai salah satu pilar penting kekuatan dunia tak boleh disepelekan. Bukan rahasia lagi bila negara-negara barat mulai memperhitungkan kekuatan pasukan militer di seluruh Asia. Sehingga perbincangan soal pasukan militer terkuat di seantero Asia bukan hanya diperbincangkan di ranah Asia, tapi juga di ranah dunia.

China

Sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia, sepertinya bukan hal yang mengherankan bila China memiliki pasukan militer terkuat di Asia. Total personel militernya sekitar 2.183.000 orang dengan sekitar 510.000 orang sebagai personel cadangan.

Belum senjata perangnya yang teridiri dari 13.000 tank tempur, 40.000 kendaraan tempur, 4.000 artileri, serta 2.000 peluncur roket. Semua itu belum termasuk sekelompok pasukan khusus paling mematikan yaitu the Snow Leopard Commando Unit.

Jepang

Pasukan militer terkuat di Asia yang kedua yaitu Jepang dengan sekitar 247.157 personel militer aktif dan 63.300 personel militer cadangan. Jepang berdiri di peringkat kedelapan dunia atau kedua di Asia dalam hal anggaran militer dengan sekitar US$47,3 juta miliar per tahun.

Peralatan tempurnya? Ada anti-kapal-selam, 37 helikopter penghancur, pesawat tempur F-35, proyektor roket, tank tempur, serta pasukan tempur terlatih. Semakin meningkatnya “ancaman” dari kerabat jauhnya, Cina, Jepang pun terus berusaha meningkatkan kekuatan militernya.

Korea Selatan

Selain Jepang, Koreas Selatan juga terdampak oleh pesatnya perkembangan serta “ancaman” militer Cina sehingga berusaha terus mengembangkan pasukannya, Korea Selatan duduk di peringkat ketiga negara dengan pasukan militer terkuat di Asia dengan anggaran militer hingga US$42 miliar di tahun 2019.

Demi menjaga keamanan negara dari ancaman sahabat karibnya Korea Utara, negara ini pun memberlakukan wajib militer selama 21 bulan. Kini, ada sekitar 625.000 personel aktif dengan 5.202.250 personel cadangan yang siap turun gunung apabila dibutuhkan.

Indonesia

Mengejutkan, namun bukan tanpa alasan Indonesia duduk di peringkat empat negara dengan pasukan militer terkuat di Asia.Secara global, kekuatan militer Indonesia berada di urutan ke-15 dari 137 negara dengan sekitar 400.000 personel aktif dan 400.000 personel cadangan.

Peralatan tempur Indonesia terdiri dari 451 pasukan udara (peringkat ke-30 di dunia), lebih dari 2.000 tank tempur, roket proyektor, juga sekitar 221 pasukan tempur laut. Jangan lupakan juga pasukan khusus terbaik dari Indonesia, Kopassus, yang disebut bisa berjalan di atas api, berguling di pecahan beling, hingga minum darah ular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *