Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya?

Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya

Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya?

Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya?,- Rakyat Indonesia dapat sepenuhnya yakin bahwa militer bangsa ini cukup kuat untuk membela negara. Pertahanan RI dilindungi oleh militer Indonesia yang saat ini menduduki peringkat ke-14 di dunia dari 133 negara. Tahun 2008, Discovery Channel Military dilaporkan menempatkan Kopassus sebagai kekuatan elit terkuat ketiga di dunia.

Kita tidak seharusnya meremehkan kekuatan pertahanan militer Indonesia. Tentara Nasional Indonesia (TNI) meliputi tentara Angkatan Darat (TNI-AD), Angkatan Laut (TNI-AL) dan Angkatan Udara (TNI-AU). Sementara tugas utama TNI adalah membela negara, TNI juga melakukan tugas-tugas non-militer lainnya seperti menyediakan tim penyelamat dalam peristiwa bencana alam, menjadi pasukan penjaga perdamaian di zona konflik, dan bahkan berkontribusi sebagai guru di wilayah perbatasan.

tribunnewscom - Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya?

Berdasarkan laporan oleh GlobalFirepower.com, kekuatan militer Indonesia saat ini berada di peringkat 14 dari 133 negara. Skor indeks kekuatan TNI adalah yang tertinggi di Asia Tenggara dan menduduki posisi ke-8 di Asia, setelah negara adidaya Rusia, China, India, Jepang, Turki, Mesir, Korea Selatan, dan Pakistan. Kekuatan militer Indonesia diperkuat oleh 975.750 personel militer aktif maupun cadangan.

Situs internet yang sama melaporkan bahwa anggaran militer Indonesia mencapai USD 6,9 miliar per tahun, dengan peringkat 30 dari 133 negara. Sementara angkatan udara Indonesia dilengkapi dengan 441 pesawat, angkatan darat memiliki 418 tank tempur, 1.089 kendaraan tempur lapis baja, 117 artileri, dan 86 peluncur roket. Angkatan Laut Indonesia memiliki 221 aset angkatan laut, termasuk kapal selam, kapal perang korvet, dan kapal ranjau.

Militer Indonesia 2 - Seberapa Kuatkah Pertahanan Indonesia Sebenarnya?

TNI tidak hanya dilengkapi dengan peralatan militer yang canggih, tetapi juga berusaha untuk terus melatih para personelnya dalam mencapai kemampuan militer yang tinggi. Kopassus merupkan Pasukan Khusus tentara Indonesia yang dilatih untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berisiko tinggi dan ekstrem Daftar IDN Poker Indonesia.

Dalam salah satu pelatihan ekstrem, para personelnya dilaporkan harus merangkak dan berkamuflase di genangan lumpur, sembari dihujani peluru sungguhan. Personel Kopassus, yang menjadi anggota unit militer khusus harus dapat melakukan misi militer khusus yang memerlukan respons cepat terhadap pasukan musuh. Tahun 2008, Discovery Channel Military dilaporkan menempatkan Kopassus sebagai kekuatan elit terkuat ketiga di dunia.

Sementara itu, TNI-AD juga telah meraih berbagai prestasi penting secara internasional. Salah satu prestasi terbaru TNI-AD termasuk menjadi juara umum dalam kompetisi menembak internasional yang diselenggarakan oleh Australian Army of Skills Arms at Meeting (AASAM). Tentara Indonesia memperoleh 28 medali emas, 6 perak, dan 5 perunggu pada kompetisi bulan Mei 2017, menurut laporan Sindonews.

Faktanya, tentara Indonesia adalah juara lama kompetisi menembak yang diselenggarakan oleh AASAM sejak tahun 2008. Dalam kompetisi ini, para tentara akan secara teratur menggunakan senjata yang dibuat oleh PT. Pindad, perusahaan kendaraan lapis baja Indonesia.

Meskipun pasukan militer Indonesia jarang bertempur dalam perang, dan semoga tidak akan pernah harus teruji dalam perang sungguhan, masyarakat Indonesia dapat sepenuhnya yakin bahwa pertahanan militer Indonesia cukup kuat untuk membela negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *