Ongkos Pembuatan Rp 100 Miliar, Sehebat Apa 7 Tank Terkuat di Dunia Ini?

Ongkos Pembuatan Rp 100 Miliar, Sehebat Apa 7 Tank Terkuat di Dunia Ini?

Sehebat Apa 7 Tank Terkuat di Dunia Ini?

Sehebat Apa 7 Tank Terkuat di Dunia Ini? – Tank menjadi kendaraan tempur yang diandalkan dalam pertempuran darat. Dari sekian banyaknya tank yang ada di dunia, hanya ada beberapa yang dikategorikan sebagai tank terkuat.

Baca juga : AS Bakal Uji Nuklir Korut Gelar Rapat Soal Cegah Perang

Tank-tank terkuat tersebut diklaim memiliki kemampuan terbaik dalam menjalankan misinya bisa selesai dengan selamat. Namanya juga tank terkuat udah tentu spesifikasinya di atas rata-rata.

Interesting Engineering, sebuah media yang menyajikan informasi seputar sains dan teknologi, memasukkan tujuh tank ke dalam daftar kendaraan berlapis baja terkuat di dunia udah gitu biaya produksinya bisa dibilang mahal banget. Penasaran apa aja tank-tank tersebut dan berapa biaya pembuatannya? Berikut ini ulasannya.

Challenger 2

Kendaraan lapis baja asal Inggris ini masuk dalam daftar terkuat di dunia. Challenger 2 mulai digunakan sejak tahun 1998 sampai saat ini.

Biaya yang dihabiskan buat memproduksi satu unitnya disebut-sebut mencapai 4,2 juta pound sterling atau setara dengan Rp 76 miliar. Dengan biaya yang sedemikian besar, tank ini memiliki keunggulan di senjata utama berkaliber 120 mm yang sangat akurat plus lapis bajanya kuat.

Asal tahu aja nih, Challenger 2 bisa menembak dengan jangkauan maksimum 5 km. Bahkan, tank ini memegang rekor sebagai “pembunuh tank”. Sejauh ini tank Challenger 2 digunakan Inggris dan Oman.

Leopard 2A7+

Berasal dari Jerman, Leopard 2A7+ menjadi kendaraan terbuat dari lapis baja terkuat di dunia. Main Battle Tank atau MBT ini mulai dipergunakan sejak 2014. Tank ini diproduksi Krauss-Maffei Wegmann, sebuah perusahaan yang memproduksi lokomotif, tank, dan kendaraan lapis baja.

Keunggulan Leopard 2A7+ terletak di senjata utamanya, yaitu L55 smoothbore yang berdiameter 120 mm. Ini masih ditambah dengan sistem perlindungannya di seluruh bagian tank. Tank ini juga unggul dalam kecepatan. MBT ini bisa melaju dengan kecepatan 72 km per jam.

Gak banyak negara yang memiliki tank ini. Diketahui selain Jerman, ada Qatar dan Hungaria yang memiliki Leopard 2A7. Ongkos produksi per unitnya disebut-sebut mencapai 8,5 juta euro atau setara Rp 136 miliar.

K2 Black Panther

Tank yang mulai dipergunakan sejak tahun 2016 ini dinobatkan sebagai yang terkuat di dunia. K2 Black Panther merupakan tank berasal dari Korea Selatan. MBT ini diproduksi Hyundai Rotem, sebuah perusahaan yang memproduksi rolling stock dan kereta.

Keunggulan K2 Black Panther mirip-mirip dengan keunggulan Leopard 2A7. Sistem perlindungannya dilengkapi dengan armor komposit modular. Terus ditambah dengan Explosive Reactive Armor (ERA) dan sistem perlindungan pasif seperti Leopard 2A7.

Ditambah lagi kemampuan tembak K2 Black Panther yang terbilang akurat mengenai sasaran. Dengan keunggulan-keunggulan itu semua, pembuatan satu unit tank terkuat ini menghabiskan biaya US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 120 miliar.

T-14 Armata

Tank terkuat selanjutnya berasal dari Rusia. T-14 Armata mulai digunakan pada tahun 2015. MBT ini diproduksi Uralvagonzavod, sebuah perusahaan mesin di Rusia. Pembuatan satu unit tank ini menghabiskan biaya sebesar US$ 3,7 juta atau Rp 52 miliar.

Keunggulan tank ini berada pada bagian turret yang gak memerlukan awak sama sekali. Dengan begitu, T-14 Armata gak butuh banyak awak di dalamnya. MBT ini cuma perlu tiga awak sebagai pengendali.

T-14 Armata dipersenjatai meriam 2A82-1M. Bagian turret dan lambungnya dilapisi dengan explosive reactive armor (ERA). Perlindungan ini ditambah dengan Afghanit Active Protection System yang dapat mendeteksi, memantau dan mencegat amunisi anti-tank.

M1A2 SEP Abrams

Tank asal Amerika Serikat ini menjadi salah satu tank terkuat di dunia. M1A2 SEP Abrams mulai digunakan tahun 1999. Kehebatan tank ini telah teruji di sejumlah medan tempur. Kabarnya pembuatan satu unit tank ini habiskan biaya US$ 3,8 juta atau Rp 53,73 miliar.

Keunggulan M1A2 SEP Abrams terlihat di mesinnya dan perlindungan lapis bajanya yang ada peningkatan. Gak heran kalau tank ini bisa begitu kuat. Sebab digunakannya uranium di beberapa bagian sebagai pertahanan.

Namun, daya tembak M1A2 SEP Abrams belum bisa melampaui Leopard 2A7+. Sebab senjata utamanya smoothbore L44 yang berdiamater 120 mm lebih pendek. Walaupun begitu, MBT ini tetap dikategorikan berbahaya.

Merkava Mark IV

Gak disangka Israel memiliki kendaraan lapis baja terkuat di dunia, yaitu Merkava Mark IV. Tank ini digunakan sejak tahun 2004. Kehebatannya disebut-sebut setara dengan T40 milik Rusia, atau M1 Abrams milik Amerika Serikat.

Merkava Mark IV punya keunggulan mudah diperbaiki kalau ada kerusakan yang terjadi. MBT ini juga dilengkapi dengan sistem perlindungan Active Protection System yang bisa mencegat proyektil.

Sistem persenjataannya dipasangi smoothbore berdiameter 120 mm. Jumlahnya yang udah dibuat mencapai 360 unit.

Type 90 Kyū-maru

Tank yang dikenal dengan nama Tank Tipe 90 ini juga disebut-sebut sebagai tank terkuat di dunia. Tank Tipe 90 digunakan sejak tahun 1990 dengan ongkos pembuatan per unitnya mencapai 790 juta Yen Jepang atau Rp 103 miliar.

Tank yang dikembangkan Mitsubishi Heavy Industries bersama Krauss-Maffei dan MaK memiliki sejumlah keunggulan. Mulai dari senjata Rheinmetall yang berdiamater 120 mm hingga pertahanannya yang dipasangi modular ceramic/steel composite armor.

Nah, itu tadi beberapa tank terkuat di dunia yang punya harga luar biasa mahal. Kira-kira Indonesia punya salah satunya gak ya? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Sumber : lifepal.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *