Sejarah Tank Pertama Di Dunia

sejarah tank

Sejarah Tank – Pada tanggal 6 September 1965 sebuah purwarupa tank yang diberi nama Little Willie terguling dari jalur perakitan di Inggris dan tank ini sendiri masih dinilai jauh dari kata sukses untuk malam itu. Dengan berat setara dengan 14 ton. Ia terjebak dalam parit dan mencoba untuk merangkak naik ke atas medan yang kasar dengan kecepatan hanya dua mil per jam. Namun perbaikan yang dilakukan untuk purwarupa ini kemudian berhasil menghasilkan tank-tank yang tahan banting sehingg bisa mengubah medan dalam peperangan militer.

Baca Juga: 280 Tentara Amerika Serikat Positif Corona, Pihak Militer Enggan Berikan Data

Inggris sendiri berhasil mengembangkan tank sebagai respon terhadap perang parit di perang dunia pertama. Dimana pada 1914 seorang kolonel tentara inggris bernama Ernest Swinton dan William Hankey. Yang merupakan sektretari komiter pertahanan Kekaisaran sedang memperjuangkan gagasan kendaraan lapis baja dengan ban yang berjalan. Dimana agar dapat menembus garis pertahanan musuh dan melintasi wilayah yang sulit sehingga sejarah tank masih kurang sukses.

Mereka memperjuangkan gagasan tersebut kepada Menteri Angkatan Laut Inggris, Winston Churchill, yang percaya pada konsep “kapal darat”. Dan mulai mengorganisir Komite Konstruksi Angkatan Laut Inggris untuk mulai mengembangkan sebuah purwarupa. Untuk menjaga kerahasiaan proyek ini dari musuh, pekerja produksi diberitahu bahwa kendaraan yang mereka bangun akan digunakan untuk membawa air di medan perang (tangki air).

Purwarupa tank yang pertama, Little Willie, diresmikan pada bulan September 1915. Setelah kinerjanya yang mengecewakan, seperti lambat, mesin yang mudah panas, dan tidak dapat melintasi parit. Maka purwarupa yang kedua diproduksi dan dikenal sebagai “Big Willie”. Pada 1916. Kendaraan lapis baja yang kedua ini dianggap siap untuk berperang dan langsung memulai debutnya di Pertempuran Somme Pertama di dekat Courcelette, Prancis, 15 September 1916

Baca Juga: Militer Malaysia Keluar Barak Untuk Jaga Lockdown Corona COVID-19

Big Willie juga dikenal sebagai Mark I, namun masih ada kekurangan di dalamnya. Seperti panas, berisik, dan berat, serta sering mengalami kerusakan mekanis di medan perang. Namun, orang-orang menyadari potensi yang dimiliki oleh tank. Perbaikan desain lebih lanjut dibuat dan pada Pertempuran Cambrai di bulan November 1917, 400 Mark IV terbukti jauh lebih sukses daripada Mark I, di mana Mark IV berhasil menangkap 8.000 pasukan musuh dan 100 senjata.

Hingga akhirnya tank kemudian dengan cepat menjadi senjata militer yang sangat penting. Dimana selama perang dunia ke-2, tank berhasil memainkan perang penting berbagai medan peperangan.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia tank.

Sumber: Kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *