Venezuela Tangkap Warga AS Duga Tentara Bayaran Kudeta Presiden Maduro

Venezuela Tangkap Warga AS Duga Tentara Bayaran Kudeta Presiden Maduro

Tangkap Warga AS Duga Tentara Bayaran

Kudeta Presiden Maduro – Televisi Pemerintah Venezuela menayangkan video seorang warga Amerika Serikat (AS) yang mengaku berencana untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro dan membawanya kr AS.

Dilansir dari BBC, Kamis (7/5), warga yang ditangkap bernama Luke Denman. Denman adalah satu dari 13 orang yang ditahan pada akhir pekan. Venezuela menuding mereka sebagai “tentara bayaran” yang serbuan bersenjata mereka digagalkan.

Baca juga : Kim Jong-un Dapat Medali Perang Dunia

Maduro kerap menuduh Presiden AS Donald Trump mencoba untuk menyerang negaranya dan menggulingkannya. Pada awal pekan ini, Trump membantah keterlibatan AS.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan pemerintah AS akan menempuh segala cara untuk mengamankan pemulangan warga AS tersebut.

Dalam video yang ditayangkan pada Rabu, Denman (34) muncul untuk menjelaskan bahwa ia dibayar untuk melatih warga Venezuela di Kolombia sebelum kembali ke Caracas dan mengambil kendali bandara untuk memungkinkan Maduro dibawa keluar dari negara itu.

“Saya membantu rakyat Venezuela mengambil kembali kendali atas negara mereka,” kata Denman, seorang aplikasi idn poker terbaru mantan anggota pasukan operasi khusus, seperti yang disebutkan dalam tayangan itu.

Denman mengatakan, dia dan Airan Berry (41) dikontrak oleh Jordan Goudreau, seorang veteran militer Amerika yang memimpin sebuah perusahaan Silvercorp USA yang berbasis di Florida, untuk melakukan operasi.

Venezuela mengatakan akan berupaya mengekstradisi Goudreau, yang mengakui terlibat dalam operasi itu.

Menurut Maduro, Silvercorp menandatangani kontrak dengan pemimpin oposisi Juan Guaido, seorang politikus yang dipandang oleh AS dan banyak negara Eropa sebagai pemimpin sah Venezuela. Guaido juga memproklamasikan dirinya sebagai presiden sementara.

“Donald Trump yang memimpin langsung invasi ini,” kata Maduro selama konferensi pers, setelah video Denman disiarkan.

Maduro mengatakan warga Amerika itu akan disidang secara adil. Dia tidak memberikan informasi tentang keberadaan orang-orang yang ditahan itu. Tidak jelas juga apakah mereka memiliki akses mendapatkan pengacara.

Anggota Pasukan Keamanan AS?

Belum banyak yang diketahui tentang Denman dan Berry. Komando tinggi militer Venezuela mengatakan keduanya adalah anggota pasukan keamanan AS. Media AS menyebut mereka mantan anggota – tetapi hal ini belum dikonfirmasi.

Caracas mengatakan, 11 orang lainnya ditangkap, dan delapan pria bersenjata tewas selama percobaan kudeta.

Goudreau juga sebelumnya berulang kali mengklaim memiliki hubungan dengan Guaido.

Pada Senin, Guaido membantah ada hubungannya dengan mantan anggota Baret Hijau itu. Dalam sebuah pernyataan, dia mengatakan “tidak memiliki hubungan atau tanggung jawab atas tindakan apa pun” yang diambil oleh veteran perang AS.

Guaido juga menuding pemerintahan Presiden Maduro berusaha mengalihkan perhatian orang dari pecahnya kekerasan baru-baru ini – termasuk kerusuhan penjara yang mematikan hari Jumat dan perkelahian antar geng di Caracas pada Sabtu malam.

Sumber : merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *