Demo Rasisme AS, KJRI: Seluruh WNI dalam Kondisi Aman Terkendali

Demo Rasisme AS, KJRI: Seluruh WNI dalam Kondisi Aman Terkendali

WNI dalam Kondisi Aman Terkendali

WNI dalam Kondisi Aman TerkendaliKJRI Chicago dalam rilisan pernyataannya di leman resmi Kemlu RI mengatakan, bahwa mereka telah berkomunikasi dengan WNI di Area “Twin Cities (kota Minneapolis dan St. Paul) negara bagian Minnesota, AS.

Baca juga : New Normal Corona, Taman Hiburan Jepang Larang Teriak

Hingga Jumat pagi (29/5/2020), seluruh WNI berada dalam kondisi aman, kata KJRI Chicago.

Melalui platform komunikasi Whatsapp dan media sosial, KJRI Chicago menyampaikan bahwa himbauan terus diberikan kepada semua WNI agar tetap memprioritaskan keamanan dan menghindari daerah kerusuhan, dan mematuhi anjuran dari pemerintah setempat.

Pada Kamis siang (28/5/2020) waktu Chicago, Gubernur Minnesota, Tim Walz, menetapkan keadaan darurat hingga Sabtu 30 Mei untuk kawasan Minneapolis, St. Paul, dan sekitarnya.

Sebanyak 500 pasukan Garda Nasional KJRI Chicago laporkan telah dimobilisasi dan telah turut serta membantu mengendalikan situasi.

Sementara keadaan darurat lokal untuk kota Minneapolis dan St. Paul, juga telah dinyatakan oleh Walikota Minneapolis, Jacob Frey, dan Walikota St. Paul, Melvin Carter, demikian rilis KJRI Chicago seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu (31/5/2020).

Aparat Keamanan Terus Berjaga

Setelah adanya peristiwa kerusuhan massal selama 3 hari terakhir, KJRI Chicago dalam laman resmi Kemlu RI mengatakan bahwa aparat keamanan saat ini terus berjaga-jaga di area Twin Cities (kota Minneapolis dan St. Paul) negara bagian Minnesota, AS.

KJRI Chicago mengatakan, bahwa aksi demo dan protes ini bermula dari sebuah unjuk rasa warga yang memprotes meninggalnya George Floyd, seorang penjaga keamanan keturunan Afrika-Amerika, akibat tindakan penangkapan oleh empat oknum kepolisian pada Senin 25 Mei 2020.

Tercatat ada 1 korban meninggal hingga 29 Mei. Penyebab kematian tersebut dikabarkan akibat ditembak pemilik toko yang berupaya mengamankan barang dagangannya dari para penjarah, kata KJRI Chicago.

Selain itu, KJRI Chicago juga menyampaikan bahwa aksi unjuk rasa ini telah meluas ke berbagai kota, seperti Chicago (negara bagian Illinois), New York, Denver (negara bagian Colorado), Phoenix (negara bagian Arizona), dan Columbus (negara bagian Ohio) pada Kamis malam (28/5/2020) waktu setempat

Sumber : liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *